Jumat, 13 April 2012

Mendeteksi Permasalahan Komputer

Mendeteksi permasalahan Komputer sebenarnya tidak berbeda jauh dengan anda mendeteksi kekurangan bumbu pada makanan (dalam konteks mendeteksi kerusakan umum). Penting sekali bagi anda untuk mengetahui pemasalahan sebenarnya dari Komputer yang anda gunakan atau anda akan mengalaminya masalah ini berulang kali dimasa mendatang.

Jika sebuah sajian makanan terasa hambar, yang harus anda lakukan adalah menambahkan garam atau jika sebuah sajian terasa sudah asam dan bau berarti sajian tersebut sudah basi dan harus dibuang. Begitu juga dengan Komputer anda lambat ada berbagai kemungkinan yang menjadi penyebab, berikut ini tips sederhana untuk mendeteksi kemungkinan besar penyebab permasalahan komputer anda.
Laptop / Komputer Lambat
Banyak sekali faktor yang dapat menyebabkan laptop berjalan lambat diantaranya :
1. Kapasitas Harddisk
Lihat kapasitas harddisk yang digunakan, Jika kapasitas harddisk sudah terpakai 90% maka laptop akan mengalami penurunan performa yang drastis. Backup data anda yang sudah jarang digunakan (arsip) kedalam media lain, kedalam DVD misalnya, atau alternatif lain dengan menambahkan kapasitas harddisk laptop, upayakan space yang tersisa lebih dari 20%.
Lakukan defragmentasi secara rutin, agar harddisk anda berjalan optimal.
2. Virus
Virus juga merupakan salah satu penyebab utama komputer berjalan lambat, mengapa virus memperlambat jalannya komputer? Virus selalu melakukan interupsi pada algoritma sebuah aplikasi yang telah terinfeksi oleh virus tersebut, selain itu virus juga membuat service-service yang mengganggu. Scan dan bersihkan harddisk anda dari virus, jika memang system anda terinfeksi oleh virus maka cara ini pasti akan sangat meningkatkan performa komputer.
3. Terlalu Banyak Aplikasi Terinstall
Setiap program/aplikasi yang terinstall menambahkan beban baru pada komputer anda, Inventori kembali aplikasi apasaja yang anda butuhkan. Ada baiknya jika anda me-remove/uninstall program yang tidak anda gunakan lagi atau mungkin anda bisa mematikan service program tersebut (cara terakir butuh kejelian untuk melakukan).
Input Ouput
Permasalahan dengan Input/Output :
Sering kali akitifitas ber-komputer kita tidak terlepas dengan aktivitas lain; Makan misalnya. Ketika kita makan sambil beraktifitas dengan komputer otomatis serpihan makanan dan kotoran akan menempel di keyboard dan mouse yang jika itu dilakukan sering maka akan masuk kedalam. bersihkan secara rutin perbulan dengan menggunakan kuas untuk keyboard dan me-lap dengan tisu yang dibasahi dengan alkohol untuk membersihkan mouse.
Jika Port VGA, Printer, Lan Card dan lain-lain tidak berfungsi dengan baik yang harus anda lakukan pada umumnya adalah  membersihkannya dahulu sebelum anda mengklaim bahwa komponen ini rusak. Mengapa port output ini sering bermasalah? kasus umumnya adalah karena ada input port yang kotor oleh debu dan dimasukan keport komputer maka secara langsung akan mengotori dan menghambat transfer data.
Komputer/Laptop Panas
Komputer atau Laptop pada umumnya jika terlalu panas disebabkan karena telalu lama pemakaian, device tersebut bekerja terlalu keras, atau mungkin disebabkan karena cooling systemnya tidak berkerja dengan baik, tanda cooling system tidak bekerja dengan baik biasanya kipasnya berbunyi kencang.
Itulah permasalahan umum yang harus anda ketahui sebagai pengguna Komputer, Laptop atau bahkan gadget lain yang menggunakan system komuterisasi(tentunya). Yang mana, memungkinkan untuk anda antisipasi atau tanggulangi sendiri sebelum anda meminta bantuan seorang profesional untuk mengatasi permalahan yang anda anggap lebih rumit.

0 komentar:

Posting Komentar